Segala macam info dan berita tentang studi di kota Madinah dan Ikatan Keluaga Pondok Modern Gontor Cab. Madinah

Senin, 23 Januari 2012

Jejak Khilafah Utsmaniyah di Kota Madinah

Oleh: Admin
 
Khilafah Utsmaniyah Turki ( Dinasti Utsmani/ Ottoman Empire)  merupakan kekhilafahan Islam yang dianggap sebagai kekuatan besar di Eropa Tenggara dan Mediterania Timur. Tidak hanya itu, khilafah ini juga menjadi pusat interaksi antar Barat dan Timur selama enam abad serta menjadi salah satu kekuatan utama dunia dengan angkatan lautnya yang kuat.Berdiri pada tahun 1299 dan berakhir pada 1923 saat terjadi perang dunia pertama. Sebagai kekhilafahan yang besar, Khilafah Utsmaniyah Turki banyak meninggalkan jejak pada wilayah-wilayah bekas kekuasaannya.
Adalah Madinah (al-Madinah al-Munawwarah), kota yang pernah masuk dalam wilayah kekuasaan Khilafah Utsmaniyah masih menyimpan sisa-sisa reruntuhan khilafah ini. Diantaranya yang masih bisa kita jumpai saat ini adalah:


STASIUN KERETA API  HIJAZ
Stasiun Kereta Api Hijaz  adalah stasiun kereta api yang dibangun pada masa Khilafah Usmaniyah Turki. Stasiun ini memiliki jalur yang membentang  antara Damaskus sampai ke Madinah (Arab Saudi). Jalur kereta api ini juga merupakan bagian dari jalur kereta api yang menghubungkan dengan Istanbul-Turki.
Jalur ini dibangun atas perintah Sultan Abdul Hamid II dengan melibatkan 5000 anggota Angkatan Darat serta penduduk sipil. Proyek ini selesai pada tahun 1908 dengan menelan biaya sebesar 16 juta US$ dengan nilai dolar saat itu. Pada awalnya pembangunan jalur ini akan dilanjutkan sampai ke Makkah dan pelabuhan Jedah, namun karena terbentur masalah biaya dan beberapa faktor lainnya, maka jalur ini hanya berakhir sampai Madinah. Tujuan pembangunan jalur kereta api ini adalah untuk memudahkan perjalanan jamaah haji dan untuk menghubungkan wilayah kekuasaan Khilafah Utsmaniyah Turki.



 Tampak interior stasiun




Salah satu gerbong kereta yang masih tersisa



















Stasiun Kereta Api Hijaz pada tahun 1978 M

 






JEMBATAN
Ini adalah jembatan yang dilalui jalur kereta api Hijaz di Madinah melintasi Wadi Aqeeq. Gambar di atas menggambarkan sebagian jembatan terendam dalam air setelah hujan lebat. Saat ini, jembatan ini benar-benar hancur.








MASJID
Masjid al-Anbariah, begitulah orang-orang menyebutnya. masjid yang di bangun pada masa Kekhilafahan Utsmaniyah ini terletak berdekatan dengan Stasiun Kereta Api Hijaz, kuranglebih 1,5 km sebelah barat Masjid Nabawi.








BENTENG
Benteng yang merupakan peninggalan Khilafah Utsmaniyah Turki masih dapat kita jumpai dalam perjalanan menuju Masjid Nabawi melewati bukit Sala.








             Foto oleh: zubeyr kareemun dan sumber lain.

Dan masih ada lagi beberapa peninggalan Khilafah Utsmaniyah di kota ini, seperti yang dapat kita lihat pada beberapa sisi bangunan Masjid Nabawi, baik berupa disain interior  (seperti kaligrafi pada dinding) ataupun eksterior (menara, dll).



sumber: 
  • Mecca-Medina: the Yıldız albums of Sultan Abdülhamid II
  • Arab News
  • Encyclopedia Britannica
  • wikipedia
  • Foto: Zubeyr Kreemun site
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda!


Cari Blog Ini

Official Website Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Madinah, Saudi Arabia. Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

Pimpinan Pondok Menyampaikan Pidato Kepondok Modernan pada Acara Silaturahmi IKPM Madinah dengan Jamaah Umroh Gontor

KH. Syamsul Hadi Abdan menyampaikan pidatonya di hadapan para hadirin IKPMMADINAH.COM, IKPM Madinah mengadakan pertemuan dengan Pim...

Google+ Followers