Segala macam info dan berita tentang studi di kota Madinah dan Ikatan Keluaga Pondok Modern Gontor Cab. Madinah

Sabtu, 16 Maret 2013

Keutamaan Akhlak Mulia

Oleh: Abdul Malik bin Ahmad Ramadhani
Penerjemah: Haikal Alghomam bin Suhardi

Allah subhanahu wa ta'ala telah menganjurkan hambaNya untuk berakhlak mulia dalam banyak ayat-ayat Al Qur’an dan Dia janjikan imbalan yang besar berupa surge dan ampunan. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam kalimat yang elok nan menggelora, “Bersegeralah kalian menuju ampunan dari Tuhanmu dan surga yang seluas langit dan bumi, yang dipersiapkan bagi orang-orang yang bertakwa. Yaitu mereka yang bersedekah dalam keadaan makmur maupun sengsara, mereka yang mampu menahan amarah dan mereka yang suka memaafkan orang lain. Allah mencintai orang-orang yang berbuat kebajikan” (QS Ali Imran 133-134).

Allah juga memuji sifat sabar, jujur dan suka memberi nafkah dalam firmanNya, “Para penyabar, orang-orang yang jujur, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan mereka yang memohon ampunan di waktu sahur” (QS Ali Imran 17). 

Dia memuji pula sifat rendah hati, memaafkan lawan dan menjaga lisan dalam firmanNya, “Hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang adalah mereka yang berjalan di atas bumi dengan sifat rendah hati, apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan perkataan yang baik” (QS Al Furqan 64), kemudian firmanNya, “Orang-orang yang tidak memberi persaksian palsu dan bila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan tak berfaedah, mereka berlalu dengan menjaga kehormatan dirinya.” (QS Al Furqan 72).

Dia menceritakan pula kisah dua anak Adam, yang satunya berkata kepada saudaranya, “Sungguh jika engkau ulurkan tanganmu untuk membunuhku, aku tidak akan sekali-kali mengulurkan tanganku untuk membunuhmu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan alam semesta” (QS Al Maidah 28).

Rasullullah shallallahu 'alaihi wa sallam alaihi wasallam juga menganjurkan umatnya dengan tegas untuk berakhlak mulia dan beliau sangat sering menganjurkan hal ini, sampai-sampai ketika ditanyakan kepada beliau, “Wahai Rasulullah, hal terbaik apakah yang dianugerahkan pada manusia?” “Kemuliaan akhlak,” jawabbeliau. (HR IbnuMajah [no. 3436] dan disahihkan oleh Al-Albani).

Beliau menerangkan tentang hal yang baik di dunia maupun akhirat dalam sebuah riwayat dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam alaihi wa sallam bersabda kepada beliau, “Sesungguhnya siapa yang diberikan jatah keramahan, dia telah diberikan jatah kebaikan dunia dan akhirat. Menyambungkan tali silaturrahim, akhlak mulia dan bertetangga dengan baik akan meramaikan rumah tangga dan memperpanjang umur” (HR Ahmad [6/159] dengan sanad yang sahih).

Beliau menerangkan pula tentang timbangan yang paling berat di antara seluruh amalan dalam sabdanya, “Tidak ada sesuatu yang lebih berat timbangannya daripada kemuliaan akhlak, sesungguhnya pemilik akhlak mulia akan mencapai derajat orang-orang yang rajin shalat dan puasa” (HR Abu Daud [no. 4799] danTirmidzi [no. 2003] dengan lafadznya. Hadits ini disahihkan oleh Al-Albani dalam As Silsilah As Sahihah[876]).

Bisa jadi seseorang tidak diberi kemampuan untuk melakukan banyak amalan seperti lamanya bangun malam dan banyaknya puasa sebagaimana kemampuan ahli ibadah yang zuhud, tetapi bila ia dikenal orang dengan kehalusan budi bahasanya, kelembutan wataknya serta kerendahan hatinya, ia akan setara derajatnya dengan para ahli ibadah yang zuhud tersebut. Diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu anha bahwa beliau mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam alaihi wasallam bersabda, “Sungguh seorang mukmin dengan kemuliaan akhlaknya akan mencapai derajat orang yang sering berpuasa dan bangunmalam” (HR Abu Daud [no. 4798] dan disahihkan oleh Al-Albani).

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda!


Official Website Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Madinah, Saudi Arabia. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

IKPM Madinah Menggelar Kembali Turnament Sepak Bola

Madinah, Jumat/19 Oktober 2018. IKPM Madinah menggelar turnamen Futsal IKPM Madinah Cup yang diikuti oleh seluruh anggota IKPM Mad...

Google+ Followers