Segala macam info dan berita tentang studi di kota Madinah dan Ikatan Keluaga Pondok Modern Gontor Cab. Madinah

Sabtu, 07 September 2013

Kajian Umum PPMI Madinah Dimulai

Usai menjalani libur musim panas selama 3 bulan, aktivitas mahasiswa Indonesia di Universitas Islam Madinah (UIM) kembali berangsur normal. Kegiatan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Madinah pun satu persatu kembali digelar. Tepat pada hari Kamis (29/10/34) kemarin, PPMI Madinah menyelenggarakan kajian umum yang berjudul (معالم في بداية طريق طلب العلم) atau “Rambu-Rambu Saat Memulai Menuntut Ilmu” bagi seluruh mahasiswa Indonesia di UIM.

Kajian yang bertempat di masjid fakultas Bahasa Arab kampus UIM ini diisi oleh Syeikh Dr Mus’id al-Husainy, dosen fakultas al-Quran UIM dan juga khatib masjid Qiblatain. Sedangkan bertindak selaku moderator, Ustadz Anas Burhanuddin MA, kandidat doktor fiqh UIM sekaligus alumni KMI Gontor tahun 1999. Sekitar 120 mahasiswa menghadiri kajian yang berlangsung usai sholat ashar sampai adzan magrib menjelang ini.

Dalam isi kajiannya, Syeikh Mus’id terlebih dahulu memotivasi mahasiswa dengan menjelaskan keistimewaan menuntut ilmu dibandingkan dengan profesi lain. Keistimewaan ini merupakan suatu nikmat yang besar yang harus disyukuri dengan cara menuntut ilmu lebih giat lagi. Ada rambu-rambu yang hendaknya diperhatikan ketika memulai menuntut ilmu. Di antaranya, ikhlas, tazkiyatun nafs (pembersihan jiwa), bertahap, mendahulukan ilmu-ilmu pokok seperti aqidah dan fiqh, bersabar, dan sering mengulangi pelajaran.

Di sela-sela sesi pertanyaan setelah kajian, Ustadz Anas mengapresiasi ketua PPMI Madinah, Ustadz Ahmad Yusdi Ghozali, atas terlaksananya acara yang sangat bermanfaat ini. Selain itu, beliau juga menasehatkan agar acara seperti ini sering diadakan bagi seluruh mahasiswa.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda!


Official Website Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Madinah, Saudi Arabia. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

IKPM Madinah Menggelar Kembali Turnament Sepak Bola

Madinah, Jumat/19 Oktober 2018. IKPM Madinah menggelar turnamen Futsal IKPM Madinah Cup yang diikuti oleh seluruh anggota IKPM Mad...

Google+ Followers