Segala macam info dan berita tentang studi di kota Madinah dan Ikatan Keluaga Pondok Modern Gontor Cab. Madinah

Jumat, 27 September 2013

Profil Singkat Universitas Islam Madinah (UIM)



Universitas Islam Madinah didirikan atas instruksi Kerajaan No (11) Tanggal 25 Rabi’ul Awwal 1381 H (5 September 1961 M). Pada tahun ini pula, tepatnya pada hari Ahad, 2 Jumadal Akhir, kegiatan belajar mengajar dimulai.

Visi:

Menjadi menara ilmu pengetahuan Islam yang bertaraf internasional sekaligus pelopor berkualitas tinggi dalam ilmu-ilmu pengetahuan Islam, Arab dan ilmu pengetahuan lainnya.

Misi:

Sebagai institusi pendidikan Arab Saudi yang membawa misi internasional, berperan dalam bidang pengajaran, riset ilmiah, dan pelayanan masyarakat dalam ilmu pengetahuan Islam, Arab dan ilmu pengetahuan lainnya, dengan kriteria dan teknis internasional dan memiliki hasil yang berkualitas tinggi, serta berperan dalam menyebarkan misi Islam yang abadi dari kota Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam- untuk melayani masyarakat lokal maupun international.

Berikut ini tujuan-tujuan yang telah ditetapkan atas berdirinya UIM:  

  1. Menyampaikan misi abadi Islam kepada dunia dengan media dakwah dan pengajaran di perguruan tinggi dalam berbagai jenjang, baik sarjana Strata 1, master, dan doktoral.
  2. Menanamkan jiwa keislaman dan mengembangkannya, serta memperdalam praktek-praktek keagamaan dalam kehidupan individu dan masyarakat yang berlandaskan keihkhlasan dalam beribadah kepada Allah -subhanahu wa ta'ala- dan mengikuti tuntunan Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam-.
  3.  Menyajikan, menerjemahkan, dan mempublikasikan karya ilmiah, serta memberikan dukungan dalam ilmu pengetahuan Islam dan Arab secara khusus dan pengetahuan lainnya dalam cabang-cabang ilmu pengetahuan sosial yang dibutuhkan masyarakat Islam secara umum.
  4. Mengajarkan ilmu pengetahuan kepada para penuntut ilmu dari seluruh dunia Islam dan membentuk ulama yang kompeten di bidang ilmu pengetahuan Islam dan berbahasa Arab, serta para ahli Fiqih yang dibekali ilmu agama untuk mendakwahkan Islam serta memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan kaum Muslimin dalam urusan agama maupun urusan duniawi dengan berlandaskan petunjuk Al-Qur’an, As-Sunnah dan pedoman dari para pendahulu.
  5. Menghimpun warisan ilmu pengetahuan Islam, menjaganya, melaksanakannya, dan menyebarkannya.
  6. Membangun dan mempererat ikatan keilmuan dengan universitas-universitas dan institusi-institusi keilmuan dunia untuk memberikan pelayanan terhadap Islam dan mewujudkan tujuannya.


Gerbang Utama Universitas Islam Madinah (UIM)
Program Akademik

Program pendidikan akademik yang diselenggarakan Universitas Islam Madinah terdiri atas Program Pra Sarjana, Program Sarjana dan program Pasca Sarjana.

  1.     Program Pra Sarjana disebutkan juga Program Persiapan Bahasa, diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang ingin memperdalam bahasa Arab sebelum memasuki Program Sarjana. Dijadwalkan berlangsung 4 semester, namun bisa ditempuh dengan hanya 2 semester.   
  2.     Program Sarjana merupakan jenjang program akademik yang mempunyai beban studi 190 - 195 SKS dan dijadwalkan sekurang-kurangnya 8 semester. 
  3.     Program Pasca Sarjana terdiri atas Program Diploma Tingkat Tinggi, Program Magister dan Program Doktor. Program Diploma Tingkat Tinggi dijadwalkan untuk 2 semester. Program Magister dijadwalkan untuk 4 - 8 semester sesuai dengan jurusan yang ditempuh. Sedangkang Program Doktor dijadwalkan untuk 8 semester setelah Program Magister.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda!


Cari Blog Ini

Official Website Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Madinah, Saudi Arabia. Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

SILATURRAHIM WARGA IKPM DENGAN MAHASISWA BARU

     IKPMMADINAH.COM, Madinah- Sabtu (8/9), Segala puji dan puja khadirat Allah subhanahu wata'ala, karena atas berkat rahmat dan h...

Google+ Followers