Segala macam info dan berita tentang studi di kota Madinah dan Ikatan Keluaga Pondok Modern Gontor Cab. Madinah

Jumat, 15 November 2013

Profil Fakultas Al-Quran UIM

Oleh: Muhammad Anfaul Ulum, Mahasiswa Fakultas Al-Quran Semester 4

Islamic University of Madinah (IUM) atau yang biasa disebut dengan Jamiah Islamiyah adalah kampus yang bervisi untuk menjadi  sumber pengetahuan keislaman yang berbasis internasional. Suatu visi hebat yang didukung dengan letak geografis yang tepat. Terletak di sumber peradaban islam, sumber penyebaran islam, Madinah al Munawwarah.


Pintu Masuk Fakultas

Untuk merealisasikan visi tersebut maka didirikanlah fakultas-fakultas dan cabang akademik yang mewakili cabang-cabang ilmu keislaman.  Fakultas-fakultas tersebut adalah Fakultas Syariah, Fakultas Da’wah wa Ushuluddin, Fakultas Bahasa Arab, Fakultas Hadits wa Dirasat Islamiyah, dan yang terakhir Fakultas Al-Quran wa Dirasat Islamiyah. Juga terdapat ma’had-ma’had pendukung sebelum masuk jenjang perkuliahan seperti Ma’had Mutawasith (SMP), Ma’had Tsanawi (SMA), dan Ma’had Lughah (persiapan bahasa).

Diantara fakultas dan cabang akademik tersebut ialah Fakultas Al-Quran. Fakultas ini adalah fakultas pertama di dunia yang fokus pada pembelajaran Al-Quran dan cabang ilmunya (qiraat, tafsir, tajwid, ilmu rasm mushaf, ilmu ‘addul aay dll.) serta mencetak output insan Al-Quran yang hafal lafadznya, faham maknanya, dan  spesialis dalam keilmuannya.  Untuk mengetahui lebih lanjut mari kita kenali seluk beluk fakultas ini.

Profil
Fakultas Al-Quran wa Dirasat Islamiyah ini didirikan atas dasar surat keputusan nomor 26511 tanggal 6 Ramadhan 1394 H. Surat keputusan ini dihasilkan dari rapat tinggi rektorat yang diadakan pada tanggal 12 Rabi’ul Tsani 1394 H sampai tanggal 20 Rabi’ul Tsani 1394 H. Sedangkan kegiatan belajar mengajar pertama kali diadakan pada hari senin tanggal 6 Syawal 1394 H.

Pada awal dibukanya fakultas ini, jumlah mahasiswa yang tercatat hanya 21 orang. Namun jumlah tersebut terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Dan jumlah seluruh alumnus fakultas ini mulai sejak awal berdiri hingga tahun ajaran 1431-1432 H adalah 1246 mahasiswa.

Pembelajaran dalam fakultas ini mengedepankan hafalan matan-matan ilmu qiraat seperti matan jazariyah, matan syathibiyyah (hirzul amanii wa wajhat tahaanii fil qiraat assab’iy), matan dzurrah, matan alfaraid alhisan fii ‘addi aay Al-Quran dan sebagainya. Disamping itu, pembelajaran dalam fakultas ini juga mengedapankan pemahaman dan analisa seperti analisa tafsir (tafsir tahliliy), analisa ragam bacaan (tahlilul qira-at), tafsir tematik (maudlu’iy) dan semacamnya. Sedangkan syarat utama masuk fakultas ini adalah hafalan Al-Quran 30 juz.

Salah Satu Lorong di Gedung Fakultas AlQuran


Pada jenjang S1, pembelajaran masih bersifat generalisasi dan belum ada penjurusan. Porsi antara keilmuan tafsir dan keilmuan qiraat pun berimbang. Baru pada jenjang dirasat ulya (S2 & S3) ada penjurusan dan spesialisasi. Terdapat dua jurusan pada jenjang ini yaitu jurusan tafsir dan jurusan qiraat.

Diantara kelebihan fakultas ini adalah kesempatan mempelajari cabang ilmu yang sekarang ini mulai banyak ditinggalkan, ilmu qiraat. Disamping itu metode ta’shiil (memulai dari akar) yang diterapkan, model pembelajaran yang intens serta  perpaduan antara teori dan praktek membuat kita lebih cepat menyerap dan memahami mata kuliah. Juga adanya ujian Al-Quran 30 juz pada tiap semester membuat mahasiswa terpacu untuk terus menjaga hafalannya.       
Share:

8 komentar:

  1. Gimana cara masuk dan daftar ke universitas madinah itu? Tolong jelaskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dibaca penjelasannya pada artikel berikut http://ppmimadinah.blogspot.com/2015/10/tata-cara-pendaftaran-di-universitas.html?m=1

      Hapus
  2. Beneran jadi kepengen masuk ke fakultas Al-Quran di IUM, mudah2an bisa insya Allah

    BalasHapus
  3. Di uim ada program pengambilan sanad ..???,

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah ada akhi, kurang tahu apakah msh berjalan. itu utk mahasiswa fak. qur'an

      Hapus
  4. Di situ ada wanita yang kuliah juga (Wanita Indonesia)?

    BalasHapus
  5. Apakah yang ingin S2 mesti dibawah 25 tahun juga ya?

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda!


Official Website Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Madinah, Saudi Arabia. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

IKPM Madinah Menggelar Kembali Turnament Sepak Bola

Madinah, Jumat/19 Oktober 2018. IKPM Madinah menggelar turnamen Futsal IKPM Madinah Cup yang diikuti oleh seluruh anggota IKPM Mad...

Google+ Followers