Segala macam info dan berita tentang studi di kota Madinah dan Ikatan Keluaga Pondok Modern Gontor Cab. Madinah

Kamis, 27 November 2014

Seputar Pendaftaran S2 & S3 di KSU (King Saud University) Riyadh - KSA

Bismillah,
Pada tulisan sebelumnya saya telah membahas sekilas tentang kuliah di King Saud University (KSU). Klik disini bagi yang belum baca, bagi yang ingin baca kembali juga tidak apa-apa. Kali ini saya ingin sedikit sharing pengalaman seputar pendaftaran di KSU, khususnya untuk program postgraduate (pascasarjana).

Sekilas Tentang Pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan secara online lewat portal pendaftaran di www.dgs.ksu.edu.sa . Informasi pendaftaran, cara pendaftaran dan syarat-syarat dapat diperoleh dari portal tersebut. Sejauh yang saya ketahui KSU hanya melakukan seleksi berkas, tidak ada tes tulis maupun interview (Sangat mudah kan?). Pendaftaran dibuka setahun sekali, biasanya sekitar bulan November dan Desember (Mulai kuliah Agustus/September tahun berikutnya).

Pada tahun-tahun sebelumnya (sampai tahun 2010), pendaftaran dapat dilakukan dengan berkorespondensi dengan professor/dosen di jurusan yang dituju. Jika ada kecocokan dengan professor/dosen yang bersangkutan maka tinggal kirim berkas kepada mereka lewat email, lalu mereka yang akan memprosesnya ke bagian admission (pendaftaran). Saya sendiri pernah mengalami dua proses pendaftaran ini (pendaftaran S2 tahun 2010 dengan berkorespodensi dengan dosen di jurusan T. Elektro KSU, pendaftaran S3 secara online di akhir tahun 2012).

Jurusan yang Ditawarkan

Tidak setiap jurusan di KSU menawarkan progam S2 dan S3 untuk mahasiswa asing. Jurusan yang menawarkan program S2&S3 pun tidak setiap tahun membuka pendaftaran. Namun, secara umum hampir seluruh jurusan membuka pendaftaran program studi S2&S3 yang ia miliki. Daftar jurusan yang dibuka pendaftarannya dapat dilihat di https://dgs.ksu.edu.sa/DGS1/Admin/AvailablePrograms.aspx. Untuk mendapat gambaran umum tentang jurusan/program studi yang ditawarkan bisa menuju website masing-masing jurusan (www.colleges.ksu.edu.sa). Contoh website jurusan teknik elektro klik disini.

Syarat Pendaftaran

Secara umum pesyaratan yang dibutuhkan untuk pendaftaran adalah sebagai berikut,
Untuk program master/S2:
1. Paspor
2. Ijazah S1 dan Transkrip
3. TOEFL, IELTS (Tergantung jurusan yang diambil)
4. Rekomendasi dari 2 dosen

Untuk program doctoral/S3:

1. Paspor
2. Ijazah S2 dan Transkrip
3. TOEFL iBT 61 (atau yang setara), IELTS 5, STEP 81 (STEP hanya ada di Saudi Arabia)
4. GRE (151 Quantitative Reasoning) atau test “Qudrat Jam’iyah” (Test ini hanya di Saudi Arabia)
5. Rekomendasi dari 3 dosen

Sepengetahuan saya untuk hasil tes bahasa Inggris (TOEFL,IELTS, GRE, dll) dapat dikirim menyusul lewat email meskipun deadline pendaftaran sudah habis. Namun perlu dicatat, berdasar info dari pengawai pendaftaran pascasarjana sekarang KSU tidak mengeluarkan surat penerimaan sementara. Jadi jika syarat-syarat tidak lengkap (termasuk hasil tes TOEFL/GRE) maka tidak ada surat penerimaan. Hal ini berbeda dengan KFUPM yang menerapkan “Penerimaan Bersyarat” yang mana hasil tes tersebut bisa menyusul dikirim jika sudah dinyatakan diterima. Lebih lanjut syarat-syarat dapat dilihat di: http://ksu.edu.sa/sites/KSUArabic/Deanships/Grad/programs/Pages/programs00.aspx (dalam bahasa Arab). Tetapi saya lihat beberapa persyaratan yang ada tidak update sesuai yang diterapkan sekarang.


Cara Pendaftaran

Tampilan portal pendaftaran online KSU
Sebelum mendaftar secara online pastikan Anda sudah http://ksu.edu.sa/Deanships/DeanshipofGraduateStudies/Documents/RegistrationManual.pdf).  Langkah pertama adalah membuat account di portal pendaftaran (klik bagian “New Student Registration” untuk membuat account baru). Setelah memiliki account Anda bisa login dan mulai mengisi form yang ada. Anda akan diminta mengupload berkas-berkas yang dibutuhkan (paspor, ijazah, transkrip, hasil tes Toefl, dll).
membaca petunjuk pendaftaran (
Secara umum form pendaftaran berisi hal-hal berikut:
1. Student’s basic information (Informasi tentang pendaftar)
2. Type of study and academic degree (Program yang mau diambil. Pilih ‘Normal’ lalu pilih Master/PhD)
3. Basic requirements (Informasi tambahan tentang Anda)
4. Experience information (Toefl, GRE, dll)
5. Whom to contact in emergencies (CP saat darurat)
6. University degree information (Ijazah Anda sebelumnya)
7. Information on recommendation letters (Rekomendasi bisa online bisa lewat scan)
8. Selecting the discipline desired (Jurusan yang akan Anda daftari)
9. Sending the application
10.Exit.

Setelah selesai mengisi form pendaftaran Anda memili dua pilihan: sent (kirim) atau preview (lihat kembali). Jika Anda telah yakin mengisi seluruh informasi yang dibutuhkan maka pilih sent, jika masih ragu cek kembali dengan klik preview. Sebagai catatan penting, Anda dapat mengupdate applikasi/data yang telah dikirim sampai batas akhir masa pendaftaran.

 Catatan Tentang Penulisan Nama

Sebelumnya perlu diketahui bahwa jika pergi ke Saudi Arabia disyaratkan nama di pasport minimal 3 suku kata. Jika nama asli kurang dari 3 suku kata maka bisa minta ke kantor Imigrasi untuk penambahan nama. Contoh nama lengkap saya hanya satu suku kata: Sutrisno, lalu saya meminta ke kantor Imigrasi (Surabaya) untuk melakukan penambahan nama sehingga menjadi Sutrisno Warsono Ibrahim (Dimana Warsono adalah nama bapak saya, sedang Ibrahim adalah nama kakek saya).
Berkaitan dengan pendaftaran online KSU, pada bagian “Student’s basic information” di situ diminta menuliskan nama lengkap. Ada 4 kolom (Firstname, father, grandfather and family). Jika paspor Anda sudah terdiri dari 3 suku kata maka tinggal tulis ulang saja suku kata keempat. Contoh: Sutrisno Warsono Ibrahim Ibrahim.

Tentang Surat Rekomendasi

Untuk program master disyaratkan 2 surat rekomendasi, sedang untuk doktor disyaratkan 3 rekomendasi. Pemberi rekomendasi biasanya disyaratkan adalah dosen yang telah mengajar Anda sebelumnya (misal dosen di S1 atau pembimbing). Ada dua cara untuk surat rekomendasi: paper dan online.  Untuk cara pertama, surat rekomendasi ditulis seperti biasa oleh dosen pemberi rekomendasi (bisa juga kita yang nulis), lalu dia tanda tangani. Setelah itu kita scan dan upload ke portal pendaftaran. Format surat rekomendasi terserah (Lebih lanjut tentang membuat surat rekomendasi bisa dibaca di:http://www.wikihow.com/Write-a-Letter-of-Recommendation). Adapun cara kedua, yaitu secara online. Anda cukup mengetikan email dosen Anda yang akan Anda mintai untuk memberi rekomendasi. KSU secara otomatis akan mengirimkan form rekomendasi ke email beliau untuk beliau isi. Lalu beliau diminta untuk mengupload form yang telah diisi (KSU akan memberitahu dosen yang bersangkutan teknis menguploadnya).

Tips dan Saran bagi Pendaftar
1. Banyak mencari informasi (terutama lewat website)
2. Tanya-tanya kenalan di KSU (Namun hendaknya kita menjaga etika dalam bertanya, jangan selalu mengejar dengan berbagai pertanyaan. Hendaknya kita aktif mencari informasi lewat website dan yang lainnya, jika ada yang kurang jelas baru tanya)
3. Berusaha maksimal (Contohnya selalu mencari update informasi, segera tes TOEFL/GRE jika memang memungkinkan, dll)
4. Sharing dengan sesama pendaftar
5. Persiapan dana (Setidaknya kita akan keluar uang untuk urusan administrasi visa, beli tiket, pegangan selama di Saudi Arabia sampai beasiswa turun, dll. Biaya ganti tiket dapat diurus sesampai di Saudi nantinya)
6. Banyak berdoa dan Sabar (kadang kala proses/progress pendaftaran tidak jelas)
Sekian dahulu yang dapat saya tulis, semoga tulisan ini bermanfaat. Mungkin ada sebagian kata yang salah ketik karena nulisnya agak terburu-buru. Insyaallah tulisan ini akan saya update.

Sutrisno W. Ibrahim. Riyadh, 30 Oktober 2013. [update: 18 Nov 2013]

Disclaimer:   Tulisan ditulis berdasar pengalaman dan informasi yang saya miliki. Mungkin sebagian ketentuan telah berubah. Berusahalah mencari informasi yang sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber agar mendapat informasi yang update dan akurat. 

Sumber asli:  https://sutrisnolink.wordpress.com/2013/10/30/seputar-pendaftaran-s2s3-di-ksu/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda!


Cari Blog Ini

Official Website Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Madinah, Saudi Arabia. Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

Pimpinan Pondok Menyampaikan Pidato Kepondok Modernan pada Acara Silaturahmi IKPM Madinah dengan Jamaah Umroh Gontor

KH. Syamsul Hadi Abdan menyampaikan pidatonya di hadapan para hadirin IKPMMADINAH.COM, IKPM Madinah mengadakan pertemuan dengan Pim...

Google+ Followers