Segala macam info dan berita tentang studi di kota Madinah dan Ikatan Keluaga Pondok Modern Gontor Cab. Madinah

Sabtu, 07 Februari 2015

"HAFLAH TAKHARRUJ" JELANG KEPULANGAN ALUMNI S1 UIM

Pada hari Kamis (16/4/1436) yang lalu, IKPM Madinah mengadakan "Haflah Takharruj" sebagai momen perpisahan warga IKPM yang sudah lulus dan akan pulang ke Indonesia. Bertempat di kediaman Ustadz Azmi Syukri Zarkasyi, MA di Madinah, Arab Saudi. Acara yang dimulai setelah isya' sampai tengah malam tersebut dihadiri oleh 27 warga IKPM. 7 diantaranya ialah Asatidz Dirasat 'Ulya.

Bertindak sebagai pemandu acara, Aqdi Rofiq Asnawi -alumni KMI 2008- yang baru menyelesaikan studi S1-nya di UIM. Selain dirinya, terdapat 8 warga IKPM lain yang baru menyelesaikan studi S1-nya. Mereka adalah: Eko Yulianto, Mohammad Ridho, Musthafa Mu'adz, Andri Hermawan, M. Harsya Bachtiar, Amin Mujahid, Maman Jayadi, dan Muhammad Reza Adi Nugraha. Sedangkan mahasiswa angkatan 2010 lainnya akan lulus semester ini atau semester depan. Wa lillahil hamd.

Acara dimulai dengan makan malam dengan menu khas Indonesia yang sudah disediakan oleh tuan rumah. Setelah itu, sambutan dari tuan rumah sekaligus pesan dan nasehat kepada alumni. Secara berurutan, pesan dan nasehat diteruskan oleh: Ust. Jihaad El-Banna Quthuby, Lc; Ust. Dayu Muhammad Hidayatullah, Lc; Ust. Budi Satria, Lc; Ust. Lanlan Tuhfatul Lanfas, Lc; Ust. Muhammad Luthfi, Lc; dan Ust. Ahmad Nahidh Silmy, MA.

Pesan dan nasehat dari tuan rumah, Ust. Azmi, MA  (doc. IKPM-M)
Ust. Budi Satria, Lc (berjubah biru muda) menyampaikan tausiyahnya (doc. IKPM-M)

Muhammad Ridlo (berjubah putih) menyampaikan kesan dan pesan (doc. IKPM-M)
Hangatnya suasananya acara (doc. IKPM-M)

Sesi berikutnya adalah penyampaian pesan dan kesan dari mahasiswa akhir. Dalam sesi ini para alumni yang akan pulang ke Indonesia maupun mahasiswa semester akhir mengungkapkan kesan-kesannya selama lebih dari 4 tahun belajar di kota Nabi. Selain itu, mereka juga memberikan pesan-pesan kepada alumni dan warga IKPM lainnya mengenai prospek masa depan, perkembangan situasi di dalam maupun luar negeri, dan lainnya.

Tak lupa juga sambutan dari ketua IKPM Madinah, Ust. Haikal Alghomam, dan wakilnya, Ust. Azzam Musoffa Dawam Salih. Keduanya menyampaikan harapan mewakili adik angkatan kepada alumni mengenai bagaimana seharusnya kiprah alumni UIM di masyarakat.

Dalam sambutannya sebagai tuan rumah, Ust. Azmi meminta maaf apabila ada yang kurang berkenan dalam jamuan yang disediakan. Beliau juga berpesan kepada alumni agar menyusun strategi ketika sudah di Indonesia nanti.

Ust. Elbi (panggilan akrab Ust. Jihaad El-Banna) menganjurkan seluruh mahasiswa yang hadir untuk mengintrospeksi diri serta berbenah menuju masa depan yang lebih baik. Beliau juga menyinggung soal Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor yang merupakan cita-cita Trimurti, pendiri pondok Gontor.

Sebagai yang ditunjukkan pertama kali untuk menyampaikan sambutan dari alumni, Mohammad Ridho mengungkapkan gagasannya mengenai pentingnya alumni UIM terjun berdakwah di universitas-universitas Islam negeri di Indonesia. Ia berpendapat bahwa masa-masa duduk di bangku kuliah merupakan saat yang tepat untuk menanamkan pola pikir yang benar mengenai Islam.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda!


Cari Blog Ini

Official Website Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Madinah, Saudi Arabia. Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

SILATURRAHIM WARGA IKPM DENGAN MAHASISWA BARU

     IKPMMADINAH.COM, Madinah- Sabtu (8/9), Segala puji dan puja khadirat Allah subhanahu wata'ala, karena atas berkat rahmat dan h...

Google+ Followers