Segala macam info dan berita tentang studi di kota Madinah dan Ikatan Keluaga Pondok Modern Gontor Cab. Madinah

Rabu, 08 Maret 2017

PENDAFTARAN BEASISWA S1 UNIVERSITAS TAIBAH - MADINAH AL MUNAWWARAH 1438-1439 H

Bismillahirrahmanirrahim,
Para pembaca blog IKPM Madinah yang terhormat.

    Pada kesempatan ini, kami akan mengulas tentang beasiswa luar (minhah kharijiyyah) jenjang bachelor (S1) Universitas Taibah - Madinah Al Munawwarah yang telah dibuka selama beberapa hari ini sampai batas waktu yang belum ditentukan. Program ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari luar Saudi (baik lelaki maupun wanita) yang ingin melanjutkan studi jenjang strata 1 di kampus ini.

SEKILAS INFO TENTANG KAMPUS
     Universitas Taibah didirikan pada tahun 2003 dari hasil peleburan dua kampus cabang Univ. Imam Muhammad bin Saud Riyadh dan Univ. Raja Abdul Aziz Jeddah dengan rektor pertama Prof. Dr. Mansur bin Muhammad An-Nuzhah. Kampus ini mengambil nama Taibah yang berasal dari salah satu nama kota Madinah Al Munawwarah. Pada awal masa pendiriannya, kampus ini hanya memiliki satu fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah. Sekarang, kampus ini telah memiliki banyak fakultas umum dan keagamaan dengan total jumlah 156 program studi, 94 di antaranya adalah program-program studi pada jenjang pascasarjana. Universitas ini lokasinya berseberangan langsung dengan kampus Universitas Islam Madinah yang merupakan almamater penerima mahasiswa Indonesia dengan jumlah terbesar di seluruh Arab Saudi.

SYARAT-SYARAT YANG HARUS DIPENUHI OLEH CALON PENDAFTAR
1. Calon mahasiswa/i harus memenuhi persyaratan penerimaan bagi mahasiswa/i Arab Saudi yang tercantum dalam tatacara pendaftaran, yang dapat dilihat ketika mendaftar melalui portal kampus. Pemegang ijazah SMA/ sederajat dari luar negeri Arab Saudi tidak diminta untuk melakukan tes qudrat dan tes tahshili ketika diterima nanti.
2. Umur pemohon tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 25 tahun.
3. Diberikan izin oleh pemerintah negaranya untuk belajar di Arab Saudi.  
4. Belum pernah menerima beasiswa lainnya dari lembaga pendidikan manapun di Arab Saudi.
5. Ijazah dan berkas-berkas lainnya telah dilegalisir di kedutaan besar Arab Saudi di negara asal. Jika tidak terdapat kedutaan besar Arab Saudi di negara tersebut, agar merujuk ke kedutaan besar Arab Saudi di negara tetangga terdekat. (Info kedubes Saudi di Jakarta di sini)
6. Menyertakan surat keterangan bebas catatan kriminal (SKCK) dari kepolisian negara asal.
7. Tidak pernah drop out dari lembaga pendidikan manapun di Arab Saudi.
8. Calon mahasiswi wajib memiliki mahrom, yang telah tinggal di Arab Saudi (mahrom berstatus sebagai penerima beasiswa/ memiliki izin tinggal resmi di Arab Saudi/ merupakan tenaga kerja di bawah majikan Saudi)*
9. Menyertakan surat nikah (terlegalisir) bagi calon mahasiswi yang telah berkeluarga.*

10. Lulus tes kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
11. Mengajukan pendaftaran dan mengunggah dokumen-dokumen yang diminta melalui portal kampus, serta melengkapi semua data pribadi dan akademis dalam tenggang waktu yang ditentukan.
12. Menyetarakan ijazah SMA/ sederajat melalui Komisi Penyetaraan pada Dirjen Ujian dan Penerimaan di Kementrian Pendidikan Arab Saudi setelah adanya pemberitahuan resmi tentang diterimanya calon mahasiswa/i yang bersangkutan.
* syarat khusus calon mahasiswi.

DOKUMEN-DOKUMEN YANG HARUS DIUNGGAH MELALUI PORTAL
1. Kopi ijazah SMA/ sederajat dari lembaga pendidikan negeri atau lainnya yang telah diakui oleh Kementrian Pendidikan Arab Saudi, dengan umur ijazah tidak lebih dari 3 tahun.
2. Kopi transkip nilai akhir SMA/ sederajat beserta rapor kelas 1, 2 dan 3.
3. Nilai calon mahasiswa/i tidak kurang dari Baik Sekali.
4. Ijazah dan transkip nilai dilegalisir oleh pihak-pihak berikut di negara asal: Bag. Ujian Sekolah - Dinas/ Kementrian Pendidikan - Kementrian Luar Negeri - Atase Kebudayaan Kedubes Arab Saudi.
5. Kopi paspor dengan masa berlaku tidak kurang dari 6 bulan.
6. Sertifikat hasil check up kesehatan dari lembaga kesehatan yang terpecaya, menerangkan bahwa yang bersangkutan bebas dari penyakit menular, dilegalisir oleh Kedubes Arab Saudi.
7. Sertifikat masuk Islam (bagi yang tidak muslim dari lahir) dilegalisir oleh Kedubes Arab Saudi.
8. Wajib menyertakan terjemahan bahasa Arab bagi dokumen-dokumen yang tidak berbahasa Arab, diterjemahkan oleh penerjemah resmi tersumpah dan dilegalisir oleh Kedubes Arab Saudi.

PERINGATAN
- Kampus tidak memiliki kantor perwakilan di manapun di seluruh dunia yang khusus menerima permohonan beasiswa (Permohonan hanya melalui portal kampus saja).
- Kampus tidak membebankan biaya apapun bagi pemohon.
ttd,
Biro Penerimaan dan Pendaftaran, Bagian Penerimaan dan Informasi, Unit Beasiswa Pendidikan,
Gedung Utama depan Perpustakaan Umum gedung no. 13.

Untuk pendaftaran melalui portal dan pengunggah berkas, langsung menuju ke sini

Disarikan dari portal resmi Universitas Taibah taibahu.edu.sa. (HASB)
Share:

13 komentar:

  1. Afwan ini sampai kapan yaa pendaftarannya? Syukron

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti yg disebutkan di atas, belum diketahui batas waktunya. bisa tutup sewaktu-waktu

      Hapus
  2. assalamualaikum , apakah sudah ada kabar fix kapan berakhir pendaftaran ini?
    dan email ikpm madinah apa? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumussalam. kami tidak tahu sampai kapan berakhirnya.
      maaf, ada perlu apa dengan email ikpm madinah?

      Hapus
  3. Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh... Maaf sebelumnya saya ingin bertanya... Untuk kita yg masih dalam masa pengabdian apakah bisa untuk memulai daftar sekarang... Sedangkan ijazah SMA kita belum keluar...sukron...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam. di sini kan belum diketahui sampai kapan pendaftaran itu ditutup, jadi menurut perkiraan kami, berkas yg belum lengkap insyaAllah bisa ditambahkan di kemudian hari. namun, bila ingin kejelasan, silahkan cari narahubung kampus di portal resminya taibahu.edu.sa

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum wr.wb, maaf ustadz saya ingin bertanya, untuk kelas 1,2,3 SMA di GONTOR, terkhususnya INTENSIF di mulai dari kelas berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam. Untuk program biasa (masuk pasca lulus SD), jenjang SMA dimulai dari kelas 4 hingga 6 KMI. Untuk program intensif (untuk lulusan SMP): maka ada kelas 1 intensif (mempelajari mapel kelas 1 & 2 KMI dalam setahun) dan 3 intensif (mempelajari mapel kelas 3 & 4 KMI dalam setahun), baru kemudian naik kelas 5 dan bergabung dengan santri yang dari program biasa. jadi program intensif menempuh waktu 4 tahun studi

      Hapus
    2. 'afwan ustadz, maksud saya "Kopi transkip nilai akhir SMA/ sederajat beserta rapor kelas 1, 2 dan 3", kalau untuk lulusan gontor, transkip nilainya dari kelas berapa ustadz?untuk kelas biasa dn intensif? terimakasih.

      Hapus
  5. Assalamualaikum... apakah pendaftarannya masih dibuka?

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum. Apakah di universitas taibah ada dauroh lughoh dulu sebelum kuliah S1 utk mahasiswa internasional?

    BalasHapus
  7. Assalammu'alaykum apakah sudah ada mahasiswi yang berasal dari Indonesia disana? untuk mahasiswi dari luar negeri apakah disediakan asrama?

    BalasHapus
  8. bisa tolong di share cara pendaftarannya? saya sudah coba mendaftar tapi kenapa tidak bisa ya?

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda!


Cari Blog Ini

Official Website Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Madinah, Saudi Arabia. Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

Pimpinan Pondok Menyampaikan Pidato Kepondok Modernan pada Acara Silaturahmi IKPM Madinah dengan Jamaah Umroh Gontor

KH. Syamsul Hadi Abdan menyampaikan pidatonya di hadapan para hadirin IKPMMADINAH.COM, IKPM Madinah mengadakan pertemuan dengan Pim...

Google+ Followers