Segala macam info dan berita tentang studi di kota Madinah dan Ikatan Keluaga Pondok Modern Gontor Cab. Madinah

Kamis, 25 Mei 2017

Mahasiswa Indonesia Juarai Perlombaan Hafalan Mutun Ilmiyyah



Kabar gembira datang dari salah satu anggota Ikatan Keluarga Pondok Modern di kota Madinah. Adalah salah satu mahasiswa di Universitas Islam Madinah, telah berhasil menjadi juara umum dalam perlombaan menghafal mutun 'ilmiyyah di kampus tersebut.

Beliau adalah Zakariya Rifqi Alfian, mahasiswa semester dua dari fakultas hadits, alumni Gontor tahun 2012. Diantara mutun yang dijuari adalah  Nazmul-waraqat lil-'imrithi dalam bidang ushul fiqh, kemudian ada Nazmul-urjuuzah al-mii'iyyah li-bni Abi-l-'izz al-Hanafi dalam bidang sirah nabawiyyah, lalu ada al-muharrar fi-l-hadits li-ibni Abdil Hadi dalam bidang ahadits-l-ahkaam, lalu ada Alfiyyah li-s-suyuthi dalam bidang ulumul hadits, dilanjutkan dengan Alfiyyah li-bni Malik dalam bidang nahwu, dan ada kitabut-tauhid li-s-syaikh Muhammad Bin Abdil Wahhab dalam bidang ilmu tauhid, dan terakhir Matn Abi Syuja' yang dikenal juga dengan matan Al-ghayah wa at-Taqrib atau ghayatu-l-ikhtishar li-l-qadhi Abi Syuja' dalam bidang fiqh madzhab Syafi'i.

Secara etimologi, matan adalah perkataan. Sedangkan secara istilah yang digunakan dalam matan ilmu memiliki arti serangkaian ringkasan dari dasar-dasar ilmu yang dalam bidang tertentu, baik berupa nazhm (yang susunan kata-katanya terikat dan beraturan) maupun dalam bentuk natsr (yang susunan kata-katanya tidak terikat dan tidak beraturan), disusun secara ringkas dan global dalam ungkapan yang baik dan mudah dipahami namun memilliki arti yang mendalam. 

Ribuan selamat untuk akhina Zakariya, semoga ilmunya bermanfaat. (Ablado)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda!


Cari Blog Ini

Official Website Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Madinah, Saudi Arabia. Diberdayakan oleh Blogger.

Halaman

Pimpinan Pondok Menyampaikan Pidato Kepondok Modernan pada Acara Silaturahmi IKPM Madinah dengan Jamaah Umroh Gontor

KH. Syamsul Hadi Abdan menyampaikan pidatonya di hadapan para hadirin IKPMMADINAH.COM, IKPM Madinah mengadakan pertemuan dengan Pim...

Google+ Followers