Segala macam info dan berita tentang studi di kota Madinah dan Ikatan Keluaga Pondok Modern Gontor Cab. Madinah

Minggu, 11 Maret 2018

Kajian Hadis Bersama Ustadz Dr. Zainuddin MZ


Sabtu, 10 Maret 2018 Divisi Kajian IKPM Madinah mengadakan kajian hadis bersama ustadz Dr. Zainuddin Muhammad Zain. Kajian ini rutin diadakan tiap sabtu malam sebagai perwujudan misi Divisi Kajian, yaitu agar bertambah wawasan dan pengetahuan warga IKPM.
            Kajian Hadis kali ini, yang bertemakan “Dialog interaktif; Pengkajian makna denotatif dalam Hadis” sangat menarik perhatian warga IKPM. Disamping karena kajian ini diampu oleh pakarnya, tema kali ini sangat penting dibahas sebagai sarana memahami hadis.
Dengan tema yang menarik ini, warga IKPM aktif bertanya perihal hal-hal yang belum dipahami sehingga terjadi dialog interaktif antara warga IKPM dan ustadz Zainuddin sebagai pemateri.
            Di antara materi yang dijelaskan oleh ustadz Zainuddin, adalah pentingnya pemahaman hadis scara denotatif, yaitu sebagaimana tekstual hadis. Namun beliau menambahkan, jika suatu hadis tidak memungkinan dipahami secara denotatif, hadis bisa dipahami secara konotatif dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidahnya sehingga makna hadis tidak kabur dari substansi asalnya.
            Pada minggu berikutnya, insyaAllah kajian akan dilanjutkan dengan penjelasan cara dan langkah untuk mencari hadis. Sehingga harapannya, warga IKPM dapat memahami cara dan langkah mudah menemukan hadis dan dapat memahami hadis secara komprehensif. (Kenang Nurullah)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda!


Official Website Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Madinah, Saudi Arabia. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

IKPM Madinah Menggelar Kembali Turnament Sepak Bola

Madinah, Jumat/19 Oktober 2018. IKPM Madinah menggelar turnamen Futsal IKPM Madinah Cup yang diikuti oleh seluruh anggota IKPM Mad...

Google+ Followers